Saturday 3 August 2013

Kelulusan

Baru aja gue cek timeline twitter temen gue iseng-iseng, in case dia komenin suasana-suasana sidang tadi siang, intinya dia bilang kalau suasana sidang hari itu prosentase pengunjung atau a.k.a pendukungnya berkurang hari demi hari. Terus gue jadi mikir, kemana semua orang-orang terkasih dari mahasiswa yang sidang hari itu ya? Apa mereka lupa dengan hari bersejarah sahabatnya itu ? Atau malah gue aja berspekulasi sendiri dari persepsi orang pertama tanpa tau alesan mereka kenapa nggak dateng. Atau memang kemungkinan terburuk dari spekulasi gue ini friendless. Tapi bukan hal itu sebenernya yang mau gue tulis disini. So hari sebelum hari ini, gue kekampus juga dateng buat temen-temen gue yang sidang di hari itu. Menurut gue kedatengan gue kekampus dengan niatan semangatin temen-temen gue yang sidang itu penting, terserah apakah penting juga di mata temen-temen gue yang sidang hari itu. Terkecuali di 2 hari gue nggak dateng karena ada urusan yang jauh lebih penting. Minggu sidang ini sangatlah sakral bagi gue, guess what ? karena lo bakalan liat senyuman-senyuman tulus dang euphoria yang nggak akan pernah lo lupain dalam sejarah hidup lo. Temen-temen dari mahasiswa yang sidang yang bela-belain dateng bawain property demi nyemangatin si mahasiswa yang mau sidang, dosen-dosen pembimbing yang membawa segenggam doa untuk anak bimbingan yang bakalan di uji hari itu, sama mimik wajah mahasiswa yang sidang itu sendiri. Makannya gue mau dateng dan harus dateng, karena that's historical day in case specially buat gue aja. 

Tibalah yudisium dari temen-temen gue diumumin, gue bisa lihat suasana yang mengharu biru hari itu di fakultas, semua orang membawa harapan penuh bagi mahasiswa yang sidang hari itu. Berharap lulus dan dapet nilai gede. Ini yang paling gue tunggu-tunggu, gue bisa liat ekspresi dari semua orang saat yudisium udah diumumin. Hiruk pikuk fakultas sangat terlihat jelas, jadi orang ketiga yang ngamatin duduk di fakultas doang jadi pekerjaan gue waktu itu. Entah kenapa baru kali itu gue berasa sedih dan pengen banget netesin air mata liat suasana keharuan dan kebahagiaan di fakultas. Ini yang gue bilang kenapa minggu sidang itu penting buat diri seseorang. Ibaratnya lo baru lahir jadi orang seutuhnya, bawa segenggam harapan buat hidup mandiri dari bokap nyokap lo. Makannya kehadiran orang-orang penting itu penting banget. Moment nya nggak akan bisa diulang, even lo rekayasa ulang semuanya. 

Terus gue jadi kepikiran sidang gue dulu. Perjuangan buat jadi sarjana buat gue itu.... Pengalaman yang luar biasa, 'beda dari yang lainnya'. Tapi bukan itu yang mau gue ceritain. Tapi suasana sidangnya. Gue seneng dan terharu banget waktu sidang ada temen-temen deket gue yang nyempetin dateng, dan even bokap gue dateng walaupun cuma nunggu gue dari masuk ruang sidang sampei selesai sidang, abis itu dia balik. Itu pengorbanan bokap yang nggak akan pernah bisa gue bayangin sebelumnya. Tapi gini kasusnya, di hari sidang itu entah gimana... gue ngerasa flat aja, disamping gue lega akhirnya skripsi gue kelar dan gue sarjana. Diluar itu datar. Walaupun temen-temen satu perjuangan gue dateng dan kasih gue banyak hadiah. Ini yang gue bilang property yang bisa ningkatin kapasistas kebahagiaan lo saat itu. Tapi selebihnya udah gitu aja... Gue nggak ngerasa sesedih yang gue sendiri tonton sesaat yudisium temen-temen gue diumumin. Terlepas dari keharu biruan ke dosen pembimbing gue yang udah berjuang keras demi gue. Selebihnya gitulah..... 
Gue juga ngerasa friendless akhir-akhir waktu gue skripsi, karena gue terlalu fokus sama kuliah gue jadinya temen-temen gue terbengkalai gitu aja. Tapi sebenernya bukan itu maksudnya, gue cuma mau bilang kedataran perasaan gue pasca gue lulus, itu aja.

Tapi gue bangga dan kalo ada kata yang bisa ngelebihin makna worthy, itu yang gue rasain. Gue bisa lulus cepet, gue bisa curi start lebih awal dari temen-temen gue buat menyongsong masa depan. Khususnya akhirnya gue bisa bikin bangga orang tua dan ngebuktiin kalo pilihan study gue bisa gue pertanggung jawabin ke mereka. Terus kalo gue orang kaya, gue  mau kasih apa yang orang-orang yang udah bantu penyelesaian skripsi gue inginkan. Dosen pembimbing, temen-temen satu bimbingan, temen-temen satu perjuangan lain, dan orang tua. Kalo pepatah bilang saat skripsi hanya orang-orang yang tulus yang ada di deket lo, itu kebukti karena mereka tulus mau bantuin urusan gue istilahnya, dan itu diluar urusan nya dia. Nggak ada keuntungannya buat mereka, selain pahala. So kalo ada hal yang bisa ngelebihin makna dari kata terimakasih, bakalan gue ucapin buat mereka. Tapi sayangnya nggak ada, jadi gue mau bilang terimakasih buat semua orang-orang yang udah terlibat didalem penyelesaian skripsi dan study gue. 

Hidup itu penuh pintu, pilihlah pintu yang menurut lo benar dan bukalah. Janganlah berhenti sebelum lo membuka pintu terakhir, karena saat lo berhenti ternyata pintu terakhir ada di depan mata lo dan lo hanya berbalik arah masuk ke pintu sebelumnya..... sekarang gue ada di pintu terakhir. Find ur own door!

No comments:

Post a Comment