Sunday 4 August 2013

After all this time

Entah apa yang ngegerakin gue untuk nulis semalem ini, bangun dan dunno what to do. Yaudah let it flow aja jadinya. Gue inget dulu waktu sekolah dasar, bela-belain ke toko gunung agung sendiri buat cari buku catatan harian atau yang dulu kita kenal diary. Gue inget banget, setiap sebelum tidur gue selalu nginget-nginget semua kejadian seneng, sedih, sebel, bete dan semua emosi lainnya untuk ditulisin di diary yang gue beli itu. Tujuannya biar diary itu penuh, dan gue tanggung jawab sama apa yang udah gue beli. Eh tapi nyatanya jadi doyan nulis diary waktu itu. Sampe-sampe jadi gue bawa ke sekolah, dan intensitas nulisnya jadi sering banget, mungkin setiap ada kejadian bete atau seneng gue tulis saat itu juga. Terus satu hal, satu pepatah yang masih gue inget banget sampe hari ini yaitu "Teman 1000 orang masih belum terasa cukup, tapi musuh 1 orang sudah terasa berlebihan". Pepatah itu ada di setiap akhir diary gue yang memang udah tercetak dari pabriknya. Entah kenapa, cuma pepatah itu dari sekian puluhan pepatah yang ada di setiap halaman yang berbeda, ya walaupun pepatahnya kadang diulang lagi di halaman tertentu. Tapi semakin dewasa semakin gue ngerasa sadar kalau pepatah itu masuk ke dalam otak gue. 

Dimulai dari perasaan yang nggak menentu kalo-kalo ada temen gue yang berasa beda tampilan perilakunya ke gue, terus gue jadi suka berspekulasi sendirian kalo gue ngelakuin hal yang nggak ia sukai. Jadi gue suka berlebihan menilai perilaku orang lain. Sampai sekarang.... Ribet sih emang, tapi gue bisa lebih sensitif kalo orang-orang di sekitar gue berubah, berubah total. Kerugiannya gue jadi sering makan hati, hehe. Ngebiarin pikiran negatif bersarang di otak gue. 

Gue ngerasa kalo temen-temen deket gue berubah seiring berjalannya waktu, but wait gue nggak nyalahin perubahan itu. Toh we're growing kan... So kalo tumbuh pasti ada yang berubah. Tapi lo tau gak sih, saat semua itu berubah, berarti ada yang baru juga. Nah begitupun dengan temen-temen gue, seiring berjalannya waktu, setelah sekian lama ternyata kita tahu siapa temen kita sebenernya. Even saat lo nggak sadar kalo yang tulus bantuin lo itu bukan temen deket lo, cuma sekedar temen aja. Tapi lo jadi tersanjung gitu aja, dan lo klop terus temenan dan intensitas barengannya jadi sering. So there's one gone, terus there're some came. Jadi ya keganti juga, tapi persoalnnya nggak sesimple itu ya. Temen deket itu udah punya emosi yang spesial, dan nggak mungkin kehapus gitu aja. Tapi gue nggak tau sama orang-orang yang berasa gampang aja lupain temen deketnya. But wait gue punya tes seberapa tulus temen deket lo ke lo. Gini nih in case kalo lo lagi going some where, atau doing some activities terus ada sesuatu yang bikin lo inget sama temen deket lo, terus jadinya lo punya niatan mau ceritain hal itu ke temen deket lo. Walaupun cuma niatan dan in case lo nggak ketemu temen deket lo, itu kaya kabel yang langsung terkoneksikan ke otak lo saat ada stimulus yang mirip dengan sesuatu yang ada di memori otak lo. Singkatnya gini saat gue liburan ke aussie dan gue liat nemu ada baju warna yang temen deket lo favoritkan, terus lo foto atau bahkan lo beli buat lo bawa balik ke indo dan kasih ke dia. Coba deh tes seberapa inget koneksi lo sama temen lo sama case yang gue kasih tadi, but trust me, it's work! 

Terus gue jadi suka sadar kalo orang dateng dan pergi, karena mereka fit dan unfit. Urusannya kaya baju, kalo baju fit di badan lo, enak dipandang dan nyaman digunakan. Tapi kalo unfit, lo sendiri nggak nyaman dan nggak enak dipandang. Nah gitu deh ibaratnya pertemanan, gue juga sadar kita punya sifat dan ego masing-masing yang udah kebentuk sejak lama dan nggak mungkin dirubah, so ada orang-orang yang nggak fit sama yang kita punyai, ya mereka lambat laun akan pergi. Terus sekarang-sekarang gue baru sadar ternyata gue terlalu fokus sama orang-orang yang perlahan pergi itu, ternyata ada juga orang-orang yang sama kaya gue nasibnya, cari-cari orang yang barangkali fit dengan dirinya. Nah after all this time mereka dateng karena mereka fit dengan kita, dan gue baru sadar aja hehe.... Ternyata dunia nggak kiamat yah.

The world isn't stop to rotation when you get lost. Dunia aja terus berputar, masak kita diem saat tersesat. 

So this ehm, what I should call ? okey this 'diary' is not adressed for someone out there, ini unek-unek gue aja. Apa yang gue tulis belum tentu ditujukan untuk orang lain, dan biar fair juga apa yang orang lain tulis juga belom tentu buat gue (Well gue masih belajar kalo soal ini.. hehe) 

No comments:

Post a Comment