Thursday 24 February 2011

Lakemba, Kota Muslim di Sydney

Miniatur kota muslim, mungkin itu yang banyak dikatakan para muslim maupun non muslim ketika mereka singgah sejenak di tempat ini, berlokasi dibagian South-West kota Sydney. Lakemba sebuah nama yang senantiasa di ingat dan dikenang. Dimanapun kita berjalan baik di pusat perbelanjaannya maupun di wilayah sekitarnya akan senantiasa kita temui kaum muslimin dan muslimah berjalan dengan nyaman dan tenang. Dari yang berkerudung biasa hingga yang yang bercadar. Rasanya seperti di Timur Tengah bukan di Sydney Australia. Wajarlah bila PM negeri Kanguru ini mengeluarkan pesannya bagi muslimah yang ingin bercadar silahkan memilih tempat di Lakemba. Ya, karena disinilah mereka diterima, bukan lagi sesuatu yang asing karena mayoritas kaum muslimin di Sydney memadati kota ini.


Wajar pula bila biaya hidup menyewa rumah di Lakemba menjadi lebih mahal dibandingkan dengan di daerah lain di luar Lakemba.Karena semua ingin tinggal disini bahkan juga orang bulenya atau non muslim, aneh kan??? Kaum muslimin yang tidak bisa menemukan tempat tinggal di daerah ini terpaksa tinggal di daerah yang berdekatan dengan kota Lakemba  seperti Belmore, Punchbowl ataupun Bankstown. Sebagian besar kaum muslimin yang tinggal di kota lain tetap berkewajiban mengunjungi Lakemba. Karena hanya di sinilah di dapati pusat kebutuhan kaum muslimin dari daging, makanan, grocery, buku-buku islam sampai pakaian. Dari Timur tengah hingga Asia.Dan tentu saja harganya lebih miring dibandingkan berbelanja di tempat lain.



Salah satu tempat di Kota lakemba, Indonesia banget kan?



Khusus di hari jumat Lakemba memiliki kesibukan tersendiri,..ya karena pada hari itulah kaum muslimin memadati kota ini untuk menunaikan shalat jumat. Lakemba menjadi macet dan padat, penuh sesak dengan kaum muslimin. Masjid di Lakemba selalu penuh dengan jamaah. Terutama setelah selesai shalat jumat jangan ditanya bagaimana ramainya. Terkadang penulis harus bersabar menunggu hingga mereka bubar untuk berbelanja  bila tidak mau ikhtilath dengan mereka. Atau harus bersabar dengan macetnya jalan disekitar Lakemba karena semua jamaah yang shalat datang dengan mobil. Duuh Lakemba,!!!


Ingin mengaji salaf?? Datanglah ke Lakemba kajian untuk muslimah biasa diadakan di Mushala Lakemba pada hari Kamis atau untuk ikhwannya pada setiap hari sabtu. Di Lakemba pula berdiri organisasi kemanusiaan islam yang bertugas membantu kaum muslimin duafa di berbagai belahan dunia yang bernama Human Apeal. Organisasi muslimahnyapun tak kalah pula aktif membantu kaum muslimah disini yang baru memeluk islam maupun yang sudah lama agar istiqamah diatas manhaj salaf yang bernama IWWA (Islamic Woman Welfare Association) jatah kaum muslimah yang berasal dari Indonesia, Malaysia maupun Singapura adalah pada hari Jumat sisa hari lainnya diisi oleh ummahat dari Timur Tengah dan Australia.

Berdasarkan data sensus tahun 2001 jumlah kaum muslimin di Australia mencapai 282.578 jiwa dan 35% adalah lahir di Australia. Kaum muslimin di Australia adalah minoritas karena jumlah mereka hanya mencapai 1,5% dari jumlah total penduduknya yang di dominasi oleh kaum Kristen dengan persentase  67 % atau 12.764.342 jiwa.


attracted to live there Guys? ;)

No comments:

Post a Comment